Pembina LKP GTI Cirebon, Lukman Ungkap Upaya Kurangi Pengangguran di Kab Cirebon

Kamis, 3 Oktober 2019 19:06:36 - Posting by Ubid - Dilihat 356 kali
Ilustrasi pengangguran


Cirebon, Inderawaspada.com- Pembina Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Global Teknologi Indonesia (GTI), Muhamad Lukman mengungkapkan upaya untuk mengatasi pengangguran di Kabupaten Cirebon.

Menurutnya, melalui pendidikan kecakapan kerja (PKK) seperti salah satunya desain grafis. Dalam hal ini, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka peluang pelatihan kerja.

Sementara itu, Lukman menjelaskan, setelah mengikuti pelatihan para nantinya akan mendapatkan sertifikat untuk melamar suatu pekerjaan. "Bisa dipergunakan untuk bekerja di perusahaan, kadang-kadang kalau melamar kerja diuji terlebih dahulu sesuai ketrampilan masing-masing," ungkap Lukman usai membuka pelatihan desain grafis di LKP Global Teknologi Indonesia, Jalan Syekh Datul Kahfi, Desa Weru Lor, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Kamis (3/10/2019) siang.

Ia menambahkan, pelatihan desain grafis bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia.

Menurut Lukman, ketika orang tersebut mengikuti pelatihan dengan tekun dan baik, Lukman menilai dengan pelatihan tersebut dapat mencetak lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran.

"Insyaallah, bisa mencetak lapangan usaha. Artinya, jika para peserta mengikuti dengan baik dan serius," ujarnya.

Lebih lanjut, Lukman menambahkan, saat ini 30 peserta telah mengikuti pelatihan desain grafis.

"Awalnya, peserta mendaftar lalu ada beberapa tahapan tes interview dan psikotes. Nanti setelah itu, diumumkan sesuai kuotanya," terangnya.

Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon melalui Kepala Bidang Pendidikan Non Formal, Sudiharjo menjelaskan, bahwa kegiatan pelatihan tersebut telah bekerjasama dengan Kemendikbud dan LKP GTI.

"Jadi Kemedikbud itu memberikan keterampilan terhadap

masyarakat yang belum punya pekerjaan," kata Sudiharjo.

Ia mengatakan, diantaranya lulusan dari SMA maupun SMK boleh mengikuti pelatihan tersebut. "Dia (peserta) sudah punya kompetensi tetapi belum siap kerja," terang Sudiharjo.

Untuk itu, LKP GTI menjaring semua lulusan sekolah yang belum bekerja diberikan keterampilan. "Sehingga pada saat nanti punya keinginan untuk bekerja sudah punya keterampilan," pungkas Sudiharjo.

Sehingga, dari keterampilan tersebut, Sudiharjo menilai dapat digunakan untuk melamar kerja di perusahaan.

"Kaitan dengan kesempatan dengan bekerja, dia (pelamar) sudah siap. Intinya sih, sedikit-sedikit program pemerintah ini mengurangi pengangguran," ungkapnya.

Sudiharjo beharap dengan pelatihan tersebut dapat mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Cirebon. "Jadi kedepanya bisa mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekomian sehingga pengangguran-pengangguran berkurang," pungkasnya.

Tags : #cirebon #di #gti #kab #kurangi #lkp #lukman #pembina #pengangguran #ungkap #upaya


Berita Pengetahuan Lainnya
Baca Juga
Komentar Berita
Tuliskan Komentar Anda
Kode Keamanan
Tuliskan Komentar anda menggunakan Facebook