Mendadak Viral, Kades Setu Wetan Terlibat Timses Pemilu?

Sabtu, 22 Desember 2018 20:48:47 - Posting by Dylan - Dilihat 972 kali
Foto: Tampak foto kades setu wetan yang dilinkari


Cirebon, Inderawaspada.com - Beredar kabar foto Kuwu atau Kepala Desa Setu Wetan, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat terlibat politik menjadi tim sukses salah satu calon anggota DPR-RI.

Diatur dalam undang-undang No. 7 tahun 2017 Pasal 493 menyebutkan, jika kepala desa, BPD, RT, RW turut serta dalam mensukseskan salah satu kandidat, maka dapat dipidana satu tahun serta denda Rp.12 juta.

Sementara dari keterangan surat pernyataan H.  MH Suud Wakhid selaku koordinator relawan tim Sakti yang membantu pemenangan calon anggota legislatif DPR RI atas nama Ir. Muhammad Nabil menyatakan tiga point pernyataan, yakni yang ke 1. Bahwa Bapak Hasyim kepala desa Setu Wetan Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon adalah bukan relawan atau terlibat sebagai / menjadi apapun pada kegiatan relawan tim Sakti.

2. Terkait foto yang termuat dalam kalender 2019 yang kami buat adalah kelalaian relawan kami untuk desa Setu Wetan, dimana kami minta foto bersama seluruh relawan tim Sakti Desa Setu Wetan foto, foto tersebut dikira hanya untuk kenang-kenangan antara relawan saja padahal foto tersebut akan kami cetak untuk kalender 2019, oleh karena kami tidak mengenal bapak Hasyim terlebih itu kepala desa sehingga tanpa sadar kami mencetaknya.

3. Kami mohon maaf atas hal tersebut dan sebagai konsekuensinya sedang kami upayakan menarik seluruh kalender tersebut.

Dalam hal ini menjadi Kontroversi masyarakat Kabupaten Cirebon, pasalnya dalam konteks pernyataan tersebut terasa janggal,  hal ini dapat dilihat dari isi pernyataan dalam tiga point yang tidak mencantumkan kalimat secara rinci terkait penggunaan baju yang dikenakan Kades tersebut

adalah baju tim sukses.

Hal ini patut diduga atas keterlibatan Kades Setu Wetan yang mengenangkan baju relawan secara kompak dengan tim sukses  Ir. Muhammad Nabil.

Disisi lain masyarakat sekitar yang namanya minta dirahasiakan memaparkan, "kalaupun kepala desa tidak terlibat dalam tim sukses, kenapa ia mengenangkan baju tim sukses tersebut dan berfoto yang seakan menunjukan keterlibatan dalam kampanye", tuturnya.

Besar harapan Masyarakat Kabupaten Cirebon terkait undang-undang No. 7 tahun 2017 Pasal 493 agar pihak terkait dan berwajib dapat menindaklanjuti terhadap oknum yang terlibat pelanggaran tersebut, khususnya pihak kejaksaan, Kepolisian dan dinas terkait lainnya dapat menindak lanjuti permasalahan yang tengah terjadi di Desa Setu Wetan Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon.

Dikutip dari Media Patrolicyber.com 
http://www.patrolicyber.com/2018/12/22/kuwu-setu-wetan-jadi-timses-calon-dpr-ri/
Bahwa Ketika dikonfrmasi via Whatsapp, Hasyim Kuwu Setu Wetan membenarkan bahwa dalam sebuah kalender salah satu calon anggota DPR-RI merupakan foto dirinya.

“Tapi itu salah cetak, dibuat dipajang dikalender. Dari pihak tim sukses juga sudah meminta maaf secara tertulis, dan kalender tersebut sudah ditarik kembali,” ungkapnya, Sabtu (22/12/2018).

Namun, salah satu tokoh masyarakat Cirebon, Didi Aryadi mengungkapkan, walau bagaimanapun, kuwu tersebut telah melakukan kesalahan, dan harus ditindaklanjuti.

Tags : #hasyim #kuwu #pemilu #timses


Berita Politik Lainnya
Baca Juga
Komentar Berita
Tuliskan Komentar Anda
Kode Keamanan
Tuliskan Komentar anda menggunakan Facebook