Kisah Tekad Bulat Barkin Warga Setu Wetan, Atasi Permasalahan Sampah

Sabtu, 15 Juni 2019 10:53:04 - Posting by Ubid - Dilihat 229 kali
Ketua BumDes Setu Wetan, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Solihin alias Barkin saat memilah sampah di sekitar alat pemusnah sampah, Sabtu (15/6/2019). (Fotografer: Ubid/Inderawaspada.com)


Cirebon, Inderawaspada.com- Kisah Solihin (52) alias Barkin warga Desa Setu Wetan, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dalam mengatasi permasalahan sampah di desanya. Dengan tekad bulat yang ia miliki, pada Maret 2019 lalu, BumDes Setu Wetan telah menggelontarkan anggaran sebesar 45 juta untuk pembuatan alat pemusnah sampah yang bertempat di Blok Batu Ampar RT 09 RW 04, Desa Setu Wetan. Sedangkan dana yang dibutuhkan mencapai 85 juta.

Diketahui, ia merupakan ketua BumDes Setu Wetan dan terdiri dari 9 anggota divisi sampah.

Kisah tekad bulat Barkin dalam mengatasi permasalahan sampah memang patut diapresiasi. Pasalnya, hampir setiap harinya ia selalu menghadapi bau aroma tak sedap yang berasal dari tumpukan sampah tersebut.

Meskipun begitu, bukanlah penghalang baginya untuk tetap mengabdikan diri dengan sepenuhnya cinta terhadap kebersihan lingkungan.

Foto: Barkin saat memperagakan sejumlah sampah dimasukkan kedalam alat pemusnah sampah. Setelah itu, sampah tersebut nantinya dibakar.

Sementara itu, Barkin menuturkan, bahwa permasalahan sampah di setiap hari tidak akan pernah habis. "Karena permasalahan sampah itu di mana-mana tidak ada ujung penyelesaian," kata Barkin di tempat pengolahan sampah, Sabtu (15/6/2019) siang.

Sebab itu, Barkin mengaku, dalam mengatasi pengolahan sampah tidaklah mudah baginya.

Barkin juga menceritakan, ia memulai mengolah dan memilah sampah tersebut sejak pagi hari hingga sore hari. Bahkan, terkadang malam pun ia pernah lakukan jika stok sampah mulai menumpuk di sekitar tempat alat pengelohan sampah tersebut.

Menurutnya, dengan tekad bulat yang dimilikinya permasalahan sampah dapat ditanggulangi. "Permasalahan-permasalahan sampah itu sangat riskan dan kesulitan dalam pengolahannya. Tetapi dengan penuh keyakinan, Insyaallah permasalahan sampah dapat ditanggulangi," ujar Barkin.

Oleh karenanya, ia ikhlas mengabdikan diri peduli terhadap kebersihan lingkungan. "Siapapun yang ingin mengolah sampah itu didasari dengan hati nurani," jelasnya.

Tak hanya itu, ia sebagai ketua BumDes Setu Wetan mempunyai kewajiban untuk mengelolah sampah tersebut.

Menurut Barkin, dalam satu harinya BUMdes berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 1 ton sampah.

Lanjutnya, 75 % merupakan sampah plastik atau non organik dan sisanya sampah organik.

Barkin

pun menjelaskan, karena dari hasil pengolahan sampah dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah sehingga dapat menambah income atau pemasukan khas BumDes Setu Wetan. "Ternyata semuanya (sampah) menghasilkan keuangan yang itu bisa untuk menambah aset dari BumDes tersebut," pungkasnya.

Awalnya, BumDes Setu Wetan tidak memiliki dana sepeserpun untuk pengolahan sampah. Akan tetapi, kata dia, pihaknya mempunyai kewajiban untuk mengolah sampah tersebut sehingga dana BumDes digulirkan untuk pembuatan alat pemusnah sampah. "Untuk pembuatan alat pemusnah sampah membutuhkan anggaran sebesar 85 juta berikut bangunan dan lain-lainnya," ungkap Barkin.

"Sedangkan, kami baru mengeluarkan anggaran 45 juta untuk membangun alat pengelohan sampah itu dan masih banyak kekurangan," tambahnya.

Ia berharap kedepannya pengelolaan sampah di Desa Setu Wetan menjadi lebih baik lagi.

Foto: selang 30 menit, Barkin menunjukkan hasil dari pembakaran sampah.

Ditempat yang sama, Basuki (65) mengatakan, bahwa ia sebagai warga Setu Wetan sangat mendukung dengan adanya alat pemusnah sampah. "Kita setuju adanya alat pengolahan sampah sehingga desa kami bersih terbebas dari sampah," ujarnya.

Menanggapi hal itu, seorang masyarakat pemerhati, Nono, SS (60) mengapresiasi langkah-langkah tekad bulat yang dimiliki Ketua BumDes Setu Wetan dalam mengatasi persoalan sampah. "Kita salut kepada pak Barkin, dengan ikhlasnya mengabdikan diri di tanah kelahirannya yaitu di Desa Setu Wetan," ujar Nono sambil tersenyum.

 

Tags : #atasi #barkin #bulat #kisah #permasalahan #sampah #setu #tekad #warga #wetan


Berita Inspirasi Lainnya
Baca Juga
Komentar Berita
Tuliskan Komentar Anda
Kode Keamanan
Tuliskan Komentar anda menggunakan Facebook